when people change

pertama kalian kenal seseorang nih, pasti ada satu hal yang bikin kalian tertarik untuk kenal sama dia kan? tau 'hal' itu apa? yak. sikap dan perilaku mereka saat ngerespon kita. misalkan kamu kenal sama seseorang nih. cara bicara sama tingkah lakunya tuh lucu banget, pasti kamu betah ngobrol sama dia dan pengen kenal lebih deket. iya kan? saat kita udah berteman/kenalan lama sama dia, pasti yang ada di pikiran kita cuma satu; "semoga dia engga berubah sikapnya ke aku seiring berjalannya waktu". ya emang, people changed. people changed every single fucking time. sedih ga sih, liat sahabat/temen/pacar/gebetan/orang terdekat kita sikapnya berubah ke kita? yang dulunya terbuka selalu cerita macem-macem ke kita kalo lagi sedih, sekarang tertutup cuma mau sharing bahagianya dia doang ke kita. hmm...pasti sedih ya, sama kayak aku. padahal, kalo toh dia mau cerita, ngeluarin unek-unek sampe nangis pun, kadang-kadang kita rela-rela aja toh? ikhlas-ikhlas aja toh? emang kan udah tugas pokok, selalu ada dalam suka maupun duka dan siap membantu. aku sih ikhlas kalo ada temen yang mau curhat tentang masalahnya. mungkin mereka kebingungan, ketakutan, atau lagi gelisah. selama aku hidup, 16 tahun ini, orang-orang terdekatku emang banyak yang berubah. dari dulunya ramah sekarang sombong; dari dulunya terbuka sekarang terttup sama aku; juga yang dari dulunya selalu ada nemenin aku. kalo ditanya sedih engga ketika tau orang yang deket/kita sayangi itu berubah sikapnya, ya sedih sih. tapi kadang-kadang aku juga mikir. setiap orang mesti bertumbuh kan. meninggalkan masa lalunya menuju masa depannya dia sendiri. kadang, aku, sebagai orang terdekatnya nggak bisa ngehalangin dia mau ngarahin dia kemana. simple aja. aku bukan orang tuanya. kadang mau ngehalangin, takutnya dia marah gamau ngehubungin ato bahkan liat mukaku lagi bahkan di foto. mau dibiarin aja, akunya sedih sosok idolaku berubah. aing bingung. tapi memang hak setiap orang untuk jadi apa yang dia mau. hak setiap orang juga dia mau berbagi perasaannya ke orang lain. toh kita ga bisa maksa walaupun sebenernya yaa....taulah. kadang aku juga cuma bisa dukung. udah. kasih support terbaik aja. semoga mereka seneng sama apa yang mereka pilih dan ga nyesel sama apa yang mereka tinggalkan.
prinsip "people changed" kayaknya emang udah kodrat alam kali yak. kita juga nanti bakal berubah, ga tau deh reaksinya orang sama perubahan kita nanti apa.

ya semoga tulisan galau saya di tengah kekeroncongan perut ini bisa menghibur ya...walaupun sebenernya ini tulisan bikin baper dan laper #baperlaper

Leave a Reply